Bisnis

Melihat Peluang Bisnis Ready Mix di Indonesia

Melihat daftar  harga ready mix terbaru tentunya Anda sudah bisa melihat bahwa perkembangan usaha ready mix di Indonesia cukup pesat. Praktis, mudah, hemat, dan kualitas yang lebih baik dijanjikan bisa terpenuhi jika Anda menggunakan bahan ready mix. Bahan bangunan ready mix sendiri merupakan bahan beton cor berbentuk cair yang diproses sedemikian rupa dengan berbagai campuran bahan bangunan dan kimia yang pas.

Proses pembuatan ready mix yang berada di bawah pengawasan ahlinya membuat usaha ini memerlukan beberapa personil yang ahli di bidang tersebut. Banyak proyek desa, kecamatan hingga kabupaten yang menyandarkan kebutuhan bahan bangunannya pada pabrik ready mix yang membuatnya kini bisa Anda temukan hampir di setiap kota besar.

Beberapa Cara Memulai Usaha Pabrik Ready Mix di Indonesia

Jika Anda berkunjung ke beberapa kota, mungkin Anda akan menemukan pabrik ready mix dalam bentuk batching plant. Dan untuk bisa memulai usaha ini bukan hanya membutuhkan dana ratusan juta saja, namun hingga milyaran rupiah. Prospek yang cerah dan tingginya minat masyarakat akan bisnis ini membuat banyak pelaku usaha mulai melirik jenis usaha yang satu ini. Hal tersebut bisa dilihat dari daftar harga ready mix terbaru yang selalu mengalami peningkatan. Berikut beberapa cara untuk memulai usaha pabrik ready mix di wilayah Anda.

  • Cement Silo

Untuk mendirikan batching plant yang pertama kali Anda butuhkan adalah memiliki Cement Silo. Fungsi dari cement silo ini adalah untuk menjaga dan menyimpan semen agar tetap dalam kualitas yang baik untuk pembuatan ready mix. Bahan semen menjadi bahan utama yang harus dijaga kualitasnya agar kualitas ready mix pun juga terbaik hasilnya.

  • Belt Conveyor

Kemudian yang kedua adalah belt conveyor. Fungsi alat ini adalah untuk menarik  bahan atau material yang berbentuk agregat kasar dan halus dari bin ke storage bin. Hal ini memiliki kegunaan untuk memisahkan bahan yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan ready mix.

  • Bin

Kemudian yang ketiga adalah bin, yaitu sebuah wadah yang berfungsi untuk menyimpan bahan material yang terdiri dari agregat kasar dan halus. Dimana bahan tersebut terkumpul dari penumpukan bahan yang ada di base camp dengan menggunakan bantuan wheel untuk bisa ditarik ke atas yaitu ke storage bin.

  • Storage bin

Alat ini dipakai untuk memisahkan fraksi agregat yang terdiri dari butir kasar, butir kelas menengah, butir yang halus hingga yang berbentuk fly ash. Biasanya alat timbangan untuk pembuatan batching plant ada 3  yaitu timbangan untuk semen, untuk air dan yang terakhir untuk agregat.

  • Dosage pump

Jenis alat yang selanjutnya dibutuhkan dalam pembuatan batching plant adalah dosage pump. Ini adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk penambahan bahan admixture atau aditif seperti retarder.

  • Penampungan air

Dan kebutuhan alat yang terakhir adalah tempat untuk menampung air khusus untuk memenuhi kebutuhan air dalam pembuatan ready mix. Air menjadi salah satu bahan yang harus terus ready dalam pembuatan ready mix.

Tips Berbisnis Bahan Ready Mix Untuk Proyek Besar atau Kecil

Bisnis ready mix bisa Anda tekuni mulai dari skala yang paling kecil terlebih dahulu. Anda bisa menargetkan untuk skala pembuatan rumah tinggal sebelum melangkah ke proyek yang besar. Sambil berjalan perbaiki dan tingkatkan kualitas ready mix buatan pabrik batching plant Anda. Rekrut sumber daya terbaik dari ahli teknik sipil hingga ahli tanah yang memiliki kapasitas terbaik di bidangnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas karena dalam hal ini kualitas produk menjadi taruhan bisnis yang Anda kerjakan. Demikian sekilas informasi tentang cara memulai usaha ready mix dan beberapa prediksi peluang usaha yang dilihat dari harga ready mix terbaru.